Sejarah RCTI Stasiun TV Nasional Indonesia

Stasiun televisi swasta di Indonesia yang pertama kali hadir adalah Rajawali Citra Televisi Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan RCTI. Yang awalnya pada waktu itu diretas sebagai salah satu perusahaan Joint Venture antara Bimantara Citra yang memiliki hak kepemilikan sekitar 69,82% dengan Rajawali Wirabhakti Utama yang memiliki hak kepemilikan sekitar 30,18%. Yang berhasil mengudara pertama kalinya pada tahun 1988 tanggal 13 November.

Stasiun televisi ini diresmikan pada tanggal 24 Agustus tahun 1989 yang awal mula siarannya hanya bisa ditangkap oleh masyarakat yang mempunyai dekoder dan rutin membayar iuran per bulannya. Namun, pada akhir tahun 1989 dekodernya resmi di lepas. Meskipun pemerintah sudah memberi izin kebebasan untuk bersiaran secara nasional dari tahun 1990, namun baru terealisasikan pada tahun 1991. Dari dulu RCTI memang menjadi salah satu stasiun televisi besar di Indonesia.

Dari awal lahirnya sampai sekarang stasiun televisi ini telah beberapa kali berganti kepemilikan, hingga Oktober tahun 2003 sampai saat ini yang menaunginya adalah Media Nusantara Citra yang juga merupakan perusahaan yang menaungi GTV dengan MNCTV. Slogannya pun telah beberapa kali mengalami pergantian dari mulai “Menghadirkan Pentas Dunia Di Rumah Anda” sampai yang di pakai sekarang “RCTI Semakin Oke”.

Intinya RCTI dulunya merupakan saluran televisi berbayar yang berubah menjadi stasiun televisi swasta nasional. Yang sekarang setelah adanya perkembangan teknologi juga bisa disaksikan secara online melalui TV Online. Sekarang sering kali di jumpai situs yang menayangkan tv streaming rcti. Dan tentunya semakin canggih teknologi berarti semakin praktis pula pemakaiannya. Acap kali orang-orang lebih memilih untuk menonton tv streaming melalui internet daripada melalui tv.

Sejarah RCTI Stasiun TV Nasional Indonesia